Pages

Subscribe:

Sabtu, 18 Februari 2012

Pembuat wayang terlindas zaman

Wayang buatan Abah Endin (70) bukan sembarang wayang. Ia tidak membuat wayang untuk dijual secara komersial di pasaran. Abah banyak menerima pesanan dari para dalang. Abah juga lama mengabdi pada dalang ternama Asep Sunandar Sunarya. Ia membuat wayang untuk Asep sejak tahun 1980 hingga tahun 2007 lalu. “Abah lama di Pak Asep Sunandar. Selama 27 tahun wayang yang dipakai Pak Asep itu hasil karya Abah,” tutur Abah kepada detikbandung.

pembuat wayang
pembuat wayang abah endin di jaman modern
Wayang buatan Abah sudah melanglang buana ke luar negeri. Wayang-wayang tersebut dibawa oleh dalang-dalang yang mementaskan wayang golek di luar negeri. Termasuk salah satu di antaranya, dibawa oleh Asep Sunandar Sunarya. Sayangnya, ia sendiri belum pernah pergi atau diperkenalkan di luar negeri sebagai sosok pembuat wayang.
“Wayang Abah memang sudah banyak ke luar negeri. Ke Inggris, Perancis, Amerika, Australia. Cuma nasib Abah ya cukup di sini saja, tidak ikut pergi ke luar negeri juga seperti wayang Abah,” lirih Abah sambil sesekali membetulkan kacamatanya.
Namun sejak 2007 lalu, Abah Endin tidak bekerja sebagai pembuat wayang lagi untuk Asep Sunandar Sunarnya. Karena Asep sudah membuat wayang baru yakni jenis Wayang Purna. Sekarang Abah Endin bekerja pada Dalang Opik yang juga murid dari Asep Sunandar Sunarya. Ia mulai bekerja di sana sekitar 6 bulan lalu.
“Sekarang membuat wayang untuk Opik. Ya lumayan Abah sudah tua begini masih dipercaya untuk bisa membuat wayang,” ujar Abah bersahaja.

0 komentar:

Posting Komentar